0
SERANG (Pos Kota) – Kecamatan Ciruas akhirnya ditetapkan sebagai Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Serang setelah 21 orang anggota Pansus ditambah dua unsur pimpinan DPRD menggelar rapat terakhir pada Senin (29/11) malam di gedung DPRD Kabupaten Serang.
Informasi yang dihimpun, dalam rapat yang digelar sebelumnya sempat berlangsung alot sebab tidak semua anggota Pansus sepakat penetapan Kecamatan Ciruas sebagai Puspemkab. Rapat semula akan langsung menyepakati Kecamatan Ciruas, namun beberapa anggota Dewan protes meminta agar keputusan Dewan dilakukan secara voting tertutup. Mereka mengancam walk out jika tuntutannya tidak dipenuhi.
Munurut Ketua Pansus Puspemkab, Ahmad Zaini, alotnya rapat penetapan Puspemkab ini lantaran masih banyaknya kepentingan politik dalam penentuan lokasi puspemkab. Belum lagi adanya kepentingan sejumlah anggota Dewan yang berasal dari sejumlah daerah pemilihan yang dinilai tidak mendukung Kecamatan Ciruas sebagai Puspemkab.
Meski demikian, kata dia, pihaknya berhasil menengahi dan bisa mengambil keputusan. “Itu biasa karena Dewan itu kan lembaga politik,” kata Zaini, Selasa (30/11).
Berdasarkan hasil voting pansus, Kecamatan Ciruas mendapatkan suara tertinggi yakni 14 suara, disusul Kecamatan Petir 4 suara, Baros 3 suara, Cikande 1 suara dan I suara abstain. Setelah Pansus memutuskan lokasi Puspemkab, kata Zaini, pihaknya akan segera melaporkannya ke Ketua DPRD untuk diteruskan ke Badan Musyawarah (Banmus). “Setelah itu akan disetujui melalui paripurna DPRD,” katanya.
Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang, Feri Taruna menambahkan bahwa hasil keputusan politik Dewan tersebut bisa dipastikan berdampak terhadap masyarakat. Dia meminta agar masyarakat menerima hasil keputusan tersebut. Untuk menghindari reaksi negatif, ia meminta Pemkab Serang memprioritaskan pembangunan di tiga kecamatan yang tidak terpilih menjadi Puspemkab.
“Reaksi masyarakat pasti ada dan harus diredam dengan prioritas pembangunan sebab kecamatan yang tidak terpilih itu adalah kecamatan penyangga Kecamatan Ciruas,” katanya.
(haryono/sir)

Post a Comment

 
Top